Sobat Organisasi,
Dalam rangka internalisasi budaya kerja berbasis core values ASN BerAKHLAK, Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung melaksanakan sosialisasi sikap senyum, salam, sapa yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Setda didampingi oleh Kepala Bagian dan para agen perubahan Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung pada Hari/tanggal : Jumat/14 Oktober 2022 Pukul : 09.00 WITA – selesai bertempat RR. Widya Mandala dan dihadiri secara virtual oleh seluruh ASN dan Non ASN pada Sekretariat Daerah Kab. Klungkung. Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memperkuat tumbuhnya perilaku ramah dengan sikap senyum, salam, sapa di setiap orang aparatur di lingkungan Sekretariat Daerah dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sehingga menjadi kebiasaan setiap pegawai dan mampu menjadi identitas Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung.
Core values ASN BerAKHLAK yang diluncurkan Jokowi pada tanggal 27 Juli 2021 dan telah disosialisasikan melalui Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa merupakan tujuh nilai yang diharapkan menjadi landasan pola pikir ASN di Indonesia sehingga membentuk budaya kerja yang sejalan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya maka ASN diharapkan meletakkan dasar pola pikirnya bahwa menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat merupakan sebuah kebanggaan dan kesempatan utama dalam memberikan manfaat yang baik bagi kemajuan nusa dan bangsa.
Dalam mendorong tumbuhnya budaya organisasi yang berbasiskan nilai BerAKHLAK (Berorientasi Melayani, Akuntabel, Kompeten, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), Asisten Administrasi Umum menyampaikan pentingnya pegawai untuk menerapkan dan menumbuhkan perilaku-perilaku berbasis nilai BerAKHLAK, khususnya perilaku 3S (senyum, salam, sapa). Penerapan perilaku 3S di Sekretariat Daerah diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan dan mampu membangun citra yang baik masyarakat terhadap ASN dan Pemerintah Daerah Klungkung. Banyak hasil survei menunjukkan bahwa kesan buruk penerima layanan diakibatkan tertinggi oleh ketidakpedulian penyelenggara pelayanan. Oleh karenanya kebiasaan 3S yang baik diharapkan mampu memberikan citra ASN lebih peduli pada masyarakat. Agar pengembangan perilaku 3S tersebut di Sekretariat berhasil dibutuhkan komitmen kuat pimpinan di Sekretariat Daerah untuk tidak saja menjadi role model tetapi mampu menjadi guardian budaya kerja yang dibangun. Selain itu, dibutuhkan pemantauan yang berkala untuk melihat perkembangannya yang akan dilaksanakan oleh para Agen Perubahan.
Untuk memperkuat penerapan 3S, maka para Agen Perubahan telah merancang standar penerimaan tamu di front office dan menyiapkan media sosialisasi dalam bentuk video standar 3S front office yang bisa dibuka setiap saat secara online pada alamat https://www.youtube.com/watch?v=rPdqZvOMIn8&t=34s .
Selengkapnya pelaksanaan sosialisasi dapat diunduh dengan mengklik video dibawah ini.
“Mari budayakan senyum salam sapa kepada setiap orang yang ditemui”
“Senyum adalah lengkungan bibir yang dapat meluruskan banyak hal”
#ASNBerAKHLAK
#BanggaMelayaniBangsa
#SalamGemaSanti